May 26, 2016

Virus dan Malware | Penyusup,Pencuri dan Perusak

Seiring berkembangnya teknologi perangkat seluler atau smartphone dari mulai OS Syimbian, IOS, Android, dll. Pasti akan diikuti oleh perkembangan lainnya. dari mulai Fitur dan Spesfiikasi Smartphone. Namun tidak hanya itu saja, Perlu kita ketahui ketika teknologi semakin berkembang maka Hacker mempunyai peluang yang cukup besar untuk melancarkan aksinya meretas perangkat kita.

Baru baru ini google telah mengumumkan bahwa adanya serangan Virus dan Malware Viking Horde pada aplikasi - aplikasi yang dipasarkan di Google Play Store. Malware ini sangat canggih dia bisa menyusup kedalam perangkat yang belum di root apalagi perangkat yang sudah di root memiliki kesempatan paling besar untuk di retas oleh para hacker.

Cara kerja malware ini adalah dia menyusup diaplikasi yang di jual di playstore, aplikasi itu adalah Viking Jump,Parrot Copter,Wifi Plus,Memory Booster,dan Simple 2048.  setelah aplikasi ini diinstal maka dalam background malware dalam aplikasi ini juga ikut terinstal sehingga bisa menyatu dengan sistem andorid. ketika Sistem sudah bisa dikendalikan dari jarak jauh tanpa diketahui oleh pengguna smartphone.

Ketika smartphone kita sudah dikendalikan, Smartphone akan dipaksa klik iklan sendiri yang mana iklan tersebut adalah milik Hacker yang akan menerima keuntungan dari iklan yang di klik. dan Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh serangan malware ini adalah mengirim pesan spam dan bisa melumpuhkan situs - situs tertentu dengan cara mengirimkan sejumlah paket data yang akan membuat situs down.

Namun kita tidak terlalu khawatir lagi karena aplikasi - aplikasi tersebut sudah di hapus dari Play Store oleh google, dan bagi yang sudah meng install aplikasi aplikasi tersebut agar segera di format ulang untuk menghapus malware yang sudah masuk dalam system.
Comments
0 Comments