May 21, 2016

Jaringan 4G baru diluncurkan, Ilmuan Indonesia siap Ciptakan 5G !

Teknologi 4G baru saja diluncurkan di sejumlah kota di Indonesia, dan belum semua orang Indonesia bisa menggunakan jaringan 4G namun sejumlah kalangan akademisi industri dan operator telekomunikasi dunia sudah mulai ramai membicarakan jaringan baru 5G termasuk sejumlah ilmuan Indonesia yang mulai tergugah akan penemuan 4G dan langsung membentuk forum 5G Indonesi (I5GF) dari Juli 2015.

Memang ini saatnya ilmuan Indonesia menjadi salah satu bagian dari perkembangan teknologi dunia, sehingga Indonesia tidak hanya menjadi sasaran produsesn dan pengguna jasa. Karena sejarah 4G yang diciptakan oleh Prof.Khoirul Anwar yaitu orang Indonesia menjadi sebuah motivasi tinggi bagi ilmuan lainnya dengan yakin bahwa bisa menciptakan teknologi konektivitas baru 5G.

Jika dilihat dari kemampuan Sumber Daya Manusia di Indonesia memungkinkan untuk mewujudkan itu, hanya saja perlu wadah atau organisasi yang dapat mengorganisir dan menyinergikan satu sama lainnya, kata Dr.Sigit Puspito Wigati Jarot selaku ketua I5GF

Indonesia berada di urutan ke 4 dunia pasar terbesar dengan jumlah pelanggan komunikasi mobile mencapai 287 juta pada tahun 2015, dan memungkinkan akan terus bertambah yang dapat menempatkan Indonesia dalam posisi yang signifikan dalam teknologi komunikasi dunia.

Keseriusan  I5GF terbukti dengan telah bekerjasamanya dengan Forum Mobil 5G jepang (J5GMF), namun Indonesia harus sepatutnya menentukan standar dari Teknolgo 4G yang sesuai dengan kondisi dan karakter bangsa Indonesia. Sekaligus harus bersiap mengantisipasi standard  prequensi yang akan digunakan.

Kerjasama antara Indonesia dan Jepang akan menjadi sebuah evolusi dunia baru dalam era teknologi saat ini, dengan kesamaan geografis, jepang juga terdiri dari banyak pulau dan sering mengalami bencana alam, seperti gunung meletus, gempa bumi dll. Yang arinya tantangan dari kedua Negara ini memiliki kesamaan sehingga bisa saling tahu atas Negara masing – masing.

J5GMF bahkan telah merencanakan semuanya dengan cepat yang menargetkan pada saat olimpiade musim panasa tahun 2020, jepang harus sudah menggunakan jaringan 5G. terlihat dari sejumlah riset dan ujicoba yang dilakukan oleh jepang mulai dari 2015 lalu.

Jepang berharap dengan banyaknya SDM Indonesia yang bertalenta bagus dan memiliki pasar yang luas serta pengalaman yang beraneka ragam dapat berjalan berkesinambungan. Tutur Junichi Nakazawa, Direktur Divisi Land Mobile Kementrian Kominfo Japan.
Comments
0 Comments