May 27, 2016

Teknologi Ekonomi Kreatif terus di galakan Oleh Pemerintah Indonesia

Pemerintah indonesia pada waktu lalu, telah mengumumkan untuk menggalakan bisnis ekonomi kreatif dengan teknologi yang bekerja sama dengan korea.

Niatan itu dibuktikan oleh pemerintahan, melalui Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) yang sedang merencanakan sejuta domain dan hosting gratis untuk pelaku UKM, Desa,Komunitas serta Sekolah.

Program ini khusus di canangkan untuk meningkatkan penggunaan domain .id oleh orang indonesia, dan untuk memperluas tingkat bisnis ukm yang sudah berkembang di indonesia, UKM indonesia sudah memiliki produk yang baik dan berkualitas, Menurut eBisnis Kominfo, Azhar Hasyim.

Selain itu juga Azhar Hasyim menambahkan penggunaan domain .id untuk UKM akan meningkatkan transaksi e-Comerce di indonesia, dan masyarakat akan bangga karena bisa menggunakan domain khusus indonesia.

Program ini akan dibagi tiga tahap dalam sosialisasi dan penggunaan awal, pada tahun ini di targetkan akan mendapat 350 ribu pendaftar, 350 ribu pada tahun selanjutnya yaitu 2017 dan terakhir 300 ribu pada tahun 2018. sehingga program ini akan selesai dalam waktu kurang lebih 3 tahun.

4 Provinsi pertama sudah menjalankan program ini, diantaranya Jawa Barat,Jawa Tengah, Jawa Timur serta Yogyakarta. Namun pemerintah menargetkan akan menyelesaikan untuk 20 Provinsi di akhir tahun ini dengan pemilihan provinsi selanjutnya berdasarkan Kualitas internet dan akses pada UKM di wilayah yang akan di pilih terlebih dahulu, Handayani (Kepala Seksi eBisnis Kominfo).

Selain Domain dan hosting gratis keseriusan pemerintah indonesia membangun ekonomi kreatif dibuktikan dengan menyediakan Bimbingan bagi para pelaku UKM. Dan tenaga pendamping untuk membingbing para pelaku ukm dipilih dari wilayah masing - masing ukm tersebut.

Peserta bisa daftar dalam program ini dengan cara konsultasi dengan perangkat pemerintah setempat baik kominfo, badan UMKM namun program ini juga bisa di daftarkan melalui jalur Online di  Disini.

Comments
0 Comments